Karya Tulis Ilmiah



GAMBARAN TINGKAT KEPUASAN PASIEN BPJS DALAM MENERIMA PELAYANAN KESEHATAN DI PUSKESMAS JANTI KECAMATAN SUKUN KOTA MALANG

Prodi : POLTEKKES KEMENKES MALANG PRODI DIII KEPERAWATAN
Pengarang : VIONITA EPIFANI
Dosen Pembimbing : Pembimbing (Utama) Sugianto Hadi, SKM. MPH, (Pendamping) Drs. MZ. Rachman, SST, M.Kes
Klasifikasi/Subjek : , Kepuasan, Pelayanan Kesehatan, Pasien BPJS
Penerbitan : , Malang: 2015.
Bahasa : Indonesia
PENYIMPANAN
Lokasi : PUSAT-33-A-
Jumlah : 0

Abstraksi

ABSTRAK Gambaran Tingkat Kepuasan Pasien BPJS Dalam Menerima Pelayanan Kesehatan Di Puskesmas Janti Kecamatan Sukun Kota Malang. Vionita Epifani (2015) Karya Tulis Ilmiah Diskriptif Survey, Progran Studi Keperawatan Malang, Jurusan Keperawatan, Politeknik Kesehatan Kemenkes Malang. Pembimbing (Utama) Sugianto Hadi, SKM. MPH, (Pendamping) Drs. MZ. Rachman, SST, M.Kes Kata Kunci: Kepuasan, Pelayanan Kesehatan, Pasien BPJS Kualitas pelayanan kesehatan adalah tingkat kesempurnaan pelayanan kesehatan dalam menimbulkan rasa puas pada diri setiap pasien. Dalam berusaha menjaga kualitas pelayanan kesehatan, profesi keperawatan berperan penting bahwa pelayanan keperawatan menjamin adanya asuhan keperawatan yang berkualitas tinggi. Untuk dapatkan layanan kesehatan, saat ini program jaminan kesehatan sosial dikenal dengan Badan Pelayanan Jaminan Sosial (BPJS). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi tingkat kepuasan pasien BPJS dalam menerima pelayanan kesehatan di Puskesmas Janti Kecamatan Sukun Kota Malang. Metode penelitian ini menggunakan rancangan diskriptif dengan metode survey dengan menggunakan kuesioner. Subjek penelitian ini adalah pasien poli umum Puskesmas Janti Kecamatan Sukun Kota Malang yang menggunakan BPJS sebanyak 33 orang. Hasil penelitian setelah dilakukan pengumpulan data diketahui bahwa tingkat kepuasan pasien BPJS atas Kehandalan (Reability) hampir seluruhnya (78,8%) menyatakan sangat puas, tingkat kepuasan pasien BPJS atas Ketanggapan (Responsiveness) hampir seluruhnya (84,9%) menyatakan sangat puas, dan tingkat kepuasan pasien BPJS atas Kepedulian (Emphaty) hampir seluruhnya (87,9%) menyatakan sangat puas dengan pelayanan yang diberikan oleh petugas di Poli Umum Puskesmas Janti Kecamatan Sukun Kota Malang. Rekomendasi dari penelitian ini adalah pihak puskesmas hendaknya melakukan perbaikan berupa tindakan konkrit meliputi petugas lebih peduli terhadap keluhan yang dirasakan pasien, petugas lebih tanggap dalam memberikan tindakan dan pelayanan yang sesuai dengan keluhan yang dirasakan, guna meningkatkan kepuasan pasien dan sebagai motivator bagi tenaga keperawatan untuk terus meningkatkan mutu pelayanan keperawatan yang sesuai dengan kebutuhan pasien.



Lampiran